Inspiring Generations

Bung Karno: Aku Tidak Mau Pisah Sama Kau, Kau Cinta Terakhirku

Bung Karno: Aku Tidak Mau Pisah Sama Kau, Kau Cinta Terakhirku
Heldy Djafar, mantan istri Bung Karno asal Kalimantan Timur.

HELDY Djafar, wanita asal Tenggarong, Kutai Kartanegara yang menikah dengan Bung Karno, mulai dirundung pilu. Ia tak bisa menemui suaminya, kecuali di rumah Yurike --istri Bung Karno yang lain. Apa kata-kata yang diucapkan Heldy sebelum berpisah dengan Bung Karno?

KEBAHAGIAAN Heldy Djafar dalam menjalin rumah tangga dengan Presiden RI Soekarno, mulai tak menentu. Suhu politik ketika itu kian memanas. Posisi Bung Karno semakin terpojok.

Suatu hari, datang anggota Corps Polisi Militer (CPM) ke rumah Heldy di Jalan Cibatu. Siang itu Heldy sedang bercengkerama dengan sanak keluarganya. Mendengar suara pintu mobil yang ditutup agak keras dan deru mesin mobil Jeep, sontak Heldy terkejut.

Para anggota CPM itu masuk ke dalam rumah, memeriksa setiap sudut, untuk mencari Bung Karno. Para anggota CPM itu datang atas instruksi Pangdam V Jaya, Mayjen Amir Machmud.

Usai melakukan pemeriksaan, anggota CPM itu mengatakan, mulai malam ini penjagaan dan pengawalan dicabut dengan pertimbangan situasi politik yang semakin tidak jelas.

Bahkan, rumah tempat tinggal Heldy dinyatakan tidak layak untuk ditempati seorang Presiden. Karena itu, Bung Karno dilarang tingggal di Jalan Cibatu. 

Leave a Comment