Inspiring Generations

Retnaningtyas Susanti, Anak Satpam di UGM Yang Bergelar Doktor

Retnaningtyas Susanti, Anak Satpam di UGM Yang Bergelar Doktor
Retnaningtyas Susanti bersama kedua orang tuanya. Foto: detik.com

HUMANS OF INDONESIA

ROMAN bahagia terlihat dari raut wajah Teguh Tuparman (56), warga Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman. Anak pertamanya, Retnaningtyas Susanti (33) mendapat gelar doktor di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Ia mengikuti wisuda pascasarja UGM yang digelar hari ini di Grha Sabha Pramana (GSP). Ia di wisuda bersama 1.369 wisudawan lulusan pascasarjana yang terdiri 1.213 lulusan Magister, 88 Doktor, dan 68 Spesialis,

Tyas panggilan akrabnya itu adalah putri Teguh yang sehari-hari bekerja sebagai anggota satpam di UGM. Teguh tak tak menyangka putrinya bisa meraih gelar doktor. Apalagi ekonomi keluarganya tergolong menengah ke bawah.

"Saya bangga sekali dengan anak saya. Walaupun saya hanya satpam, cuma golongan kecil, tapi (anak saya) bisa lulus di UGM," kata Teguh kepada wartawan disela prosesi wisuda periode III tahun akademik 2017/2018 di GSP UGM, Kamis (19/4/2018).
Baca juga: UGM Perketat Kuota Mahasiswa Jalur SNMPTN di 6 Prodi

Teguh mengatakan, sejak awal memang Tyas sudah mengutarakan cita-citanya mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Berbekal semangatnya itu, Tyas lalu memutuskan kuliah di Jurusan Antropologi Budaya, FIB UGM tahun 2003.

Leave a Comment