Inspiring Generations

Lima Kunci Sukses Jack Ma, Orang Terkaya di Asia

Lima Kunci Sukses Jack Ma, Orang Terkaya di Asia


CEO Alibaba Group, Jack Ma, dari China dinobatkan sebagai miliuner terkaya di Asia. Bayangkan saja, hartanya bertambah 173% dalam setahun menjadi US$ 29,2 miliar.

Sebagai pimpinan situs perdagangan online terbesar di dunia, Ma sukses membangun bisnisnya. Tentunya sebelum ia menjadi sukses, Jack Ma mengalami perjalanan yang tidak mudah.

Ingin meniru kesuksesan Jack Ma ? Berikut 5 kunci sukses dari seorang Jack Ma:

1. Tidak takut gagal
Jack Ma tidak pernah takut gagal. Baginya, kegagalan adalah jika Anda tidak mau mencoba lagi untuk bangkit saat terjatuh dalam membangun bisnis. Bagi Ma, kunci kesuksesan adalah bertahan dan belajar dari kegagalan. Orang sukses hanyalah mereka yang mampu belajar dari seluruh kesusahan dan hambatan bisnisnya.

2. Berpikir jauh ke depan
Jack Ma yakin bahwa atasan yang baik harus bisa berpikir ke depan. Dia harus selalu berada di depan para pesaingnya dan memikirkan pengaruh keputusan bisnisnya pada banyak orang. Berpikir dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan pribadi dalam menjalankan posisi sebagai atasan.

3. Jangan mencari musuh
Salah satu aspek paling unik dari filosofi bisnis Ma adalah gagasan menciptakan kompetisi yang ramah. Ma tidak melihat pesaing bisnisnya sebagai musuh tapi sebagai teman di mana dia bisa belajar dan menantangnya mengeluarkan potensi terbaik.

Leave a Comment