Inspiring Generations

Bagaimana Caranya Membangun Citra Diri?

Bagaimana Caranya Membangun Citra Diri?

HANYA dua kata. Citra diri. Kedengarannya dua kata  tersebut sepele dan tak bermakna apa-apa. Namun,  kalau mau 'dibedah' atau diselami lebih dalam, justru  dua kata ini bisa mengangkat harkat dan martabat  manusia.

Sebaliknya, citra diri seseorang bisa runtuh  seketika, manakala ia tak lagi eling alias lalai.  Kelalaian akan melahirkan kesembronoan. Mereka yang  sembrono pasti akan celaka. Bahkan, mereka yang sudah  terangkat derajatnya, akan terjun bebas dari kursi  tertingginya (top event moment).

Di era kekinian, dua kata ini sangat penting. Ketika  citra diri seseorang naik, maka lahirlah trust atau  kepercayaan. Ketika kepercayaan sudah terbangun, maka  jaringan (network) semakin luas.

Manakala jaringan  sudah ada di tangan, dapat dipastikan manusia lebih  bisa hidup dibanding mereka yang tak memiliki  network.

Ada juga manusia yang berusaha membentuk citra  dirinya sebaik mungkin. Biasanya, dibalik pembentukan  citra diri itu ada sesuatu yang kadangkala manusia  lain tak bisa memahaminya.

Sesuatu (kepentingan) itu akan terungkap pada saat  seseorang sudah berhasil meraih titik impiannya.  Misalnya, perebutan kursi kekuasaan. Saat kekuasaan  sudah berada di tangan, manusia cenderung ora eling  alias lupa dengan dirinya sendiri.

Leave a Comment