Inspiring Generations

Mulai Dari Diri Sendiri Untuk Mencintai Lingkungan

Mulai Dari Diri Sendiri Untuk Mencintai Lingkungan

Isu-isu tentang lingkungan sekarang udah jadi concern di seluruh dunia. Banyak organisasi-organisasi yang muncul dengan fokus mengajak masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan, contohnya kayak WWF(World Wide Fund for Nature), Earth System Governance Project, Global Environment Facility (GEF), United Nations Environment Programme (UNEP), Earth Hour dan masih banyak lagi. Organisasi global, pemerintah luar negeri maupun dalam negeri emang sedang menggalakkan program untuk mencintai lingkungan, karena seiring berjalannya waktu semakin hari kondisi bumi dan lingkungan kita ini udah nggak kayak dulu lagi. Perubahan iklim yang ekstrim banget, bencana alam, kekeringan, cairnya es di kutub utara dan selatan menjadi beberapa bukti dari rusaknya lingkungan kita.

Mungkin kalo buat sekarang kita nggak begitu ngerasain dampaknya tapi lama kelamaan kita bakal jadi korban dari kelalaian kita sendiri dalam menjaga lingkungan kita lho. Nggak usah jauh-jauh deh, sekarang aja kita susah banget kan buat ngedapetin air bersih dan udara segar. Hampir tiap hari kita ke mana-mana pake masker karena banyak polusi udara. Kita pun udah mulai nggak ngerasa nyaman kan sama keadaan lingkungan sekarang? Maka dari itu kita juga harus berpartisipasi dalam memperbaiki lingkungan. Walaupun nggak bisa ikut organisasi atau jadi duta lingkungan hidup, senggaknya kita bisa menjaga dan mencintai lingkungan kita dengan hal-hal kecil yang bisa kita lakuin. Yuk Gogirl! kasih contoh hal-hal kecil yang bisa kita lakuin buat mencintai lingkungan kita.

1. HEMAT ENERGI
Menghemat energi bisa jadi salah satu hal yang berpengaruh dalam menjaga lingkungan kita, contohnya mencabut charger hp kalo udah nggak dipake lagi, matiin lampu kamar pas kita mau pergi atau pas siang hari, pake lampu hemat energi buat dipasang di kamar kita, nggak nyalain keran air kalo emang nggak butuh dan masih banyak lagi.

2. MENGGUNAKAN BOTOL PLASTIK DAN KANTONG PLASTIK SECERMAT MUNGKIN
Barang-barang yang dibuat dari plastik zaman sekarang itu udah nggak bisa keitung lagi, banyak banget. Sementara plastik itu adalah musuh terbesar dari lingkungan yang sehat, karena butuh waktu beratus-ratus tahun lho buat sampah plastik bisa terurai dengan baik. Hampir semua kegiatan kita sehari-hari pasti berhubungan sama yang namanya plastik, nah makanya kita harus menyiasati penggunaan plastik dengan cermat menggunakannya. Contoh, kantong plastik yang kita dapet dari beli jajanan di mini market kita simpen dengan rapi dan bisa dimanfaatkan kalo suatu saat ada yang ngebutuhin buat bawa barang dll. Botol plastik juga bisa kita kumpulin dan kita kasih sama pengumpul botol plastik buat dijual lagi, jadinya simbiosis mutualisme kan.

3. KURANGI PRODUKSI POLUSI
Kita mau berangkat sekolah atau ngampus, mending pake kendaraan umum aja deh. Karena kendaraan pribadi yang kita bawa sehari-hari itu adalah salah satu penyumbang polusi udara juga lho. Kalo ngerasa ribet harus naik kendaraan umum, kita bisa juga kok tetep bawa kendaraan pribadi tapi nebengin temen kita yang biasa bawa kendaraan sendiri, supaya yang biasanya asap knalpot nya berasal dari banyak motor atau mobil sekarang cuma satu kendaraan aja kan.



Leave a Comment