Inspiring Generations

Sunan Gunung Jati Menyarankan Agar Putri Ong Menjadi Mualaf

Sunan Gunung Jati Menyarankan Agar Putri Ong Menjadi Mualaf
Vihara Avalokitesvara

DI BANTEN, salah satu vihara yang ramai dikunjungi warga etnis Tionghoa saat Imlek adalah Vihara Avalokiteswara. Vihara itu terletak di Desa Pabean, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Ada kisah menarik di balik sejarah Vihara Avalokiteswara yang kini menjadi simbol kerukunan antar umat beragama di Banten itu.

Etnis Tionghoa di Banten ikut memajukan perdagangan di Kesultanan Banten, dengan Pelabuhan Karangantu yang  terkenal itu. Ini menarik minat  saudagar dari berbagai negara, seperti Tionghoa, Arab, dan Eropa, untuk datang ke Banten. Salah satunya adalah Putri Ong Tien Nio, puteri Kaisar Hong Gie dari Dinasti Ming.

Kala itu, putri Ong Tin Nio bersama anak buah kapal memutuskan bermalam di Pamarican, Kampung Pamarican, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.  Saat itu daerah sini banyak merica.

Alasan Putri Ong Tin Nio bermalam di Pamarican karena persediaan di kapal semakin menipis. Tidak cukup bekal untuk melanjutkan perjalanan dari Tiongkok menuju Surabaya.

Beberapa hari menginap, siapa sangka ternyata sang putri merasa betah di Pamarican. Hingga, sang putri memutuskan untuk menetap.

Leave a Comment