Inspiring Generations

Melihat Kehebohan Anak-anak Palestina di Masjid Ibrahim

Melihat Kehebohan Anak-anak Palestina di Masjid Ibrahim
Pertanian dan peternakan di Kota Jericho (Dokumentasi pribadi)


Catatan perjalanan Arifin BeHa (Wartawan senior dan penulis buku)

MENYEBUT nama Hebron --Palestina, rasanya tidak asing. Cobalah ketik pada mesin pencari tren Googel menggunakan kata kunci Hebron. Akan terlihat pada bulan Januari dan Februari 2018 rasio ketertarikan grafiknya menyentuh angka 100. Pada pertengahan bulan Maret 2018 sedikit menurun.

Kota Hebron berjarak sekitar 30 kilometer arah selatan Jerusalem. Hebron merupakan salah satu pusat perdagangan. Susu, anggur, dan hasil perkebunan lainnya mendominasi pemandangan sehari-hari.

Hebron terletak di kawasan Tepi Barat Palestina yang dikuasai Israel dan komunitas Yahudi. Sejak pertama memasuki kota ini terlihat tembok mengelilingi sekaligus menutup pemukiman Palestina. Tembok beton membentang sejauh mata memandang.

Warga Palestina yang tinggal di sana berada dalam sebuah tekanan berat pihak Israel. Setiap hari Sabtu semua akses keluar-masuk tembok ditutup karena untuk peribadatan kaum Yahudi. Khusus turis harus bisa menunjukkan paspor dan visa.

Pengawasan ketat militer di kota ini merupakan salah satu simbol pendudukan Israel yang paling kejam. Padahal warga Palestina itu sudah cukup lama bermukim di sana.

Leave a Comment